Yang Harus dan Jangan Dilakukan Ketika Ingin Menjalani Raw Food Diet

sbsatum

Dengan makan sayur mentah dan buah, tubuh tak hanya sehat tapi juga bisa menjadi langsing. Berikut ini yang harus dilakukan dan jangan dilakukan jika ingin memulai Raw Food Diet menurut para pakar nutrisi dan pelaku living food.

Untlkjhgfdsitled
Foto: selectasalad.co.za

 Yang harus dilakukan:

  • Cuci bersih
    Buah dan sayuran mentah harus dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan semua bakteri dan residu. Jika perlu, cuci dengan menggunakan sabun khusus pembersih sayuran.
  • Organic
    Sayur dan buah yang dikonsumsi sebaiknya organic karena tidak meninggalkan sisa pestisida yang berbahaya bagi tubuh. Selain rasanya lebih segar, renyah, dan enak, makanan organic juga lebih asli kandungan vitaminnya.
  • Soda kue atau cuka apel
    Jika tidak bisa atau sulit mendapatkan sayur dan buah organic, rendam dalam sebaskom air yang sudah diberi soda kue atau cuka apel. Diamkan selama 3-5 menit, angkat dari rendaman dan cuci kembali dengan air mengalir.

Baca Juga: Sehat Dengan Diet Alkaline

  • Ingin sehat
    Makan raw food karena ingin sehat, bukan semata-mata hanya ingin atau untuk menjadi langsing. Karena motovasi tersebut hanya membuat pelakunya bertahan sebentar untuk menjalani hidup sehat.
  • Jalankan bertahap
    Jalankan diet ini secara bertahap. Mulai dari memakan sayur sebagai lalapan atau buah sebagai rujak. Kemudian lanjut dengan semangkuk setiap hari, tambah 1,5 mangkuk lalu menjadi 2 mangkuk perharinya.

Untitsdfghjled

Yang jangan dilakukan:

  • Jangan sembarangan
    Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan mentah, karena tidak semua bahan aman dikonsumsi mentah. Misalnya saja bayam, sayuran ini mengandung oxalic acid yang bersifat toksin. Kalaupun tetap ingin dionsumsi mentah sebaiknya dalam porsi kecil dan tidak setiap hari. Zat besi pada bayam lebih banyak jika dimasak. Tapi jangan terlalu lama, cukup rebus dalam air mendidih, tunggu sebentar lalu langsung angkat.
  • Makan atau minum kedelai setiap hari
    Kedelai tinggi kandungan protein dan asam lemak tak jenuh, tapi hindari konsumsi setiap hari. Kedelai merupakan salah satu dari empat biji-bijian di dunia yang paling banyak mengalami rekayasa genetic. Memakannya setiap hari berpotensi memicu kanker.

Baca Juga: Makanan-Makanan Ini Bisa Bikin Kita Gagal Diet

  • Mengkonsumsi sayur dan buah secara bersamaan.
    Sayuran dan buah sama-sama berfungsi sebagai pembentu basa (tingkat pH dalam darah). Namun keduanya memiliki karakter yang sangat berbeda. karakter serat pada sayur lebih berat ketimbang buah. Selain itu kandungan gula yang lebih tinggi pada buah cenderung merusak sayur sehingga cenderung sulit untuk dikonsumsi secara bersamaan.
  • Tidak mengkonsumsi protein hewani mentah
    Ikan-ikanan atau daging mentah sebenarnya merupakan raw food namun bukan termasuk dalam paham raw foodist veganism dan vegetarian. Alasannya, protein hewani rentan terkena bakteri jika sudah bersentuhan dengan udara luar.

Sumber: wolipop.com

Untitlelkjhd