6 Rahasia Sehat Agar Tetap Bugar Dan Fit Saat Berpuasa

sbsatum

Di bulan puasa ini, Anda mengalami beberapa perubahan pola makan termasuk pola tubuh. Bila biasanya Anda bebas mengkonsumsi banyak makanan tanpa jadwal yang teratur, maka di bulan puasa ini jam makan Anda berkisar pada saat sahur dan berbuka. Selain itu, jam istirahat Anda juga terganggu sebab Anda harus bangun untuk sahur. Belum lagi dengan system pencernaan yang berhenti sejenak karena puasa, tentu saja perubahan-perubahan tersebut berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh Anda. Bagi Anda yang belum terbiasa, maka kesehatan Anda bisa terganggu.

Untitle;lkhgfdd
Foto: cornermag.com

Oleh karena itu berikut adalah rahasia sehat yang bisa Anda terapkan saat bulan puasa agar tubuh Anda tetap fit dan segar.

Baca Juga: 5 Menu Makanan Yang Sehat Dikonsumsi Untuk Berbuka Puasa Selama Bulan Ramadhan

  1. Pilih Makanan Berserat Saat Sahur

Salah satu rahasia agar Anda kuat dalam menjalani puasa adalah pilihlah menu makanan berserat dan berprotein tinggi. Sebaliknya, hindari mengkonsumsi makanan manis saat sahur sebab akan membuat Anda merasa cepat lapar di siang hari.

  1. Konsumsi Makanan Manis Saat Berbuka

Jika saat sahur Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan manis, maka saat buka konsumsilah makanan manis. Sebab, zat gula akan mengembalikan energy Anda yang hilang saat puasa. Hindari minum-minuman dingin dan bersoda. Sebab minuman tersebut akan mengganggu kinerja system pencernaan.

  1. Jangan Langsung Makan Besar Saat Berbuka

Saat berbuka, sebaiknya jangan langsung makan besar. Hal ini disebabkan karena system pencernaan seperti kembung atau kram perut. Sebaiknya saat buka awali dengan mengkonsumsi makanan manis dan hangat. Setelah sholat Maghrib bisa Anda lanjutkan dengan makan makanan besar.

  1. Tetap Olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk malas berolahraga. Memang Anda tidak bisa melakukan olahraga berat seperti biasanya. Namun tidak ada salahnya saat puasa Anda melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari-lari kecil. Kegiatan ini bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah Anda agar Anda tidak mudah lemas.

  1. Hindari Mengkonsumsi Makanan Instan

Makanan instan biasanya banyak dipilih sebagai menu sahur sebab tidak ribet dan gampang cara membuatnya. Namun, kandungan bahan kimia di dalamnya membuat makanan ini sulit untuk dicerna sehingga menghabiskan banyak energy yang membuat Anda cepat lemas.

Baca Juga: Cara Cepat Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

  1. Kurangi Makanan Berlemak

Saat sahur hindarimengkonsumsi makanan berlemak, gorengan, atau berkuah santan sebab makanan ini terlalu berat untuk dicerna dan menyebabkan tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan.

Itulah serangkaian rahasia sehat yang bisa Anda coba agar tubuh tetap fit dan segar saat puasa. Selamat mencoba!

Sumber: merdeka.com

Untitlelkjhd