Dampak Negatif Tidur dengan Kipas Angin bagi Kesehatan Tubuh

sbsatum

Indonesia memang memiliki iklim yang cukup panas. Meskipun pada malam hari, kadang kita masih merasa gerah. Apalagi pada saat musim kemarau tiba. Sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan kipas angin untuk mengurangi hawa panas.

Untitlejhgftrdd
Foto: gurukecil.com

Ya, kipas angin memang membuat kita tertidur dengan rasa nyaman karena hembusan anginnya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga cenderung tidak betah dengan suhu panas. Dan beberapa dari kita mungkin tidak bisa tidur jika tidak menggunakan kipas angin.

Tetapi tahukah Anda, ternyata kebiasaan tidur dengan menggunakan kipas angin memiliki dampak negative bagi tubuh. Apalagi jika kipas angin langsung mengarah ke tubuh Anda, ditambah lagi jika Anda lebih memilih tidur di lantai karena saking gerahnya.

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Tidur Menghadap Ke Sebelah Kanan Baik untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif tidur dengan kipas angin:

  1. Mengganggu pernapasan

    Jika kipas angin langsung mengarah tepat ke wajah, Anda akan kesulitan bernafas. Hal ini disebabkan karena kurangnya kandungan oksigen dalam sel darah karena sedikitnya jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, organ-organ dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal.

Parahnya lagi, jika Anda tidur dengan menggunakan kipas angin tanpa adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup baik. Hembusan kipas angin di dalam ruangan yang tertutup seperti itu mampu menyebabkan seseorang mati lemas karena minimnya oksigen yang dapat dihirup oleh tubuh kita, ditambah lagi dengan udara yang tidak segar yang terperangkap di dalam ruangan tersebut karena tidak adanya perputaran udara yang cukup baik.

Hembusan angin yang dihasilkan oleh kipas angin mampu membuat suhu tubuh kita menurun drastic karena sebenarnya saat orang tertidur lelap, suhu tubuhnya akan menurun dengan sendirinya, begitu juga dengan tekanan darah dan system pernapasannya. Hal ini akan fatal akibatnya bagi jantung dan paru-paru. Kedua organ ini sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Menurunnya suhu tubuh, tekanan darah, dan system pernapasan akan membuat kinerja kedua organ ini menjadi terganggu.

Baca Juga: Mengapa Makan dan Minum Sambil Berdiri Tidak Baik untuk Kesehatan  

  1. Penurunan suhu tubuh

Jika suhu tubuh turun secara drastic tentunya tidak baik untuk kesehatan. Penurunan suhu tubuh akibatnya keringat yang akan keluar terhalang oleh pori-pori yang mengerut akibat merasakan dingin dari kipas angin

  1. Kekurangan air dan hipotermia

Tidur menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan air dan mengalami kedinginan yang berlebihan.

  1. Kaku otot
  2. Badan menjadi tidak bugar
  3. Mudah sakit

Jika kalian tidak bisa tidur dengan tidak menggunakan kipas angin, sebaiknya jangan mengarahkan kipas anginnya langsung ke badan Anda. Dan pastikan sirkulasi udara pada kamar tidur kalian cukup baik dengan memperhatikan ventilasi-ventilasi udara yang ada sudah cukup atau belum.

Baca Juga: Langsing Dalam 20 Hari Tanpa Olahraga? Bisa!

B

 

Satu pemikiran pada “Dampak Negatif Tidur dengan Kipas Angin bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan komentar