Gemuk Tetap Sehat Hanya Mitos, Berat Badan Ideal Tetap Jadi Keharusan

sbsatum

Ungkapan ‘gemuk tapi sehat’ menjadi pembenaran bagi beberapa orang untuk tidak memprioritaskan penurunan berat badan. Padahal meski mereka rajin olahraga, resiko penyakitnya tetap sama selama berat badannya tidak ideal. Sederhananya, gemuk ya gemuk aja.

Untitledkjds
Foto: weight.sdghealth.com

Sebuah penelitian yang melibatkan 1,3 juta orang dewasa muda menunjukkan bahwa resiko kematian dini pada orang gemuk 30 persen lebih tinggi dibandingkan pemilik bobot ideal. Peningkatan resiko ini tetap berlaku meski sama-sama rajin olahraga.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Epidemology ini menekankan bahwa berat badan ideal adalah kunci penting untuk hidup sehat. Olahraga tetap penting, tetapi tidka kalah pentingnya untuk menjaga keseimbangan asupan kalori dengan aktivitas fisik.

Baca Juga: Kenapa Ada Orang Yang Makan Banyak Tapi Badannya Tetap Kurus?

Prof Peter Nordstrom dari Umea University di Swedia menyebut temuan ini sebagai bantahan dari anggapan yang selama ini diyakini banyak orang. Bahkan sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa seseorang bisa tetap sehat meski mengalami kegemukan.

Untitsdfghjled

Salah satu penelitian yang memperkuat anggapan ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Amerika Serikat dengan melibatkan 43.000 orang. Hasilnya adalah, seseorang bisa mencapai kondisi yang disebut ‘sehat secara metabolik’ meski berat badannya obesitas, asalkan rajin olahraga.

Baca Juga: Jangan  Salahkan Gen, Tubuh Gemuk Bisa Jadi Karena Pola Hidup Tidak Sehat

“Kurangnya kebugaran pada orang dewasa berkaitan dengan peningkatan resiko kematian dini. Lebih lanjut, resiko kematian dini pada seseorang dengan obesitas yang ‘fit’ lebih tinggi dibandingkan dengan berat badan normal tapi ‘kurang fit’”, kata Prof Nordstrom, dikutip dari Mirror, Senin (21/12/2015)

Sumber: detikHealth.com

Untitlelkjhd