Makan Dengan Jari Tangan Kanan Jauh Lebih Sehat Daripada Makan Dengan Menggunakan Sendok

sbsatum

Makan dengan tiga jari tangan kanan adalah salah satu sunnah Rasulullah yang sudah tentu kalau kita menjalankan sunnah-sunnahnya sangat bermanfaat bagi kita.

Untitlekjhbd

Ibnu Utsaimin mengatakan: Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yaitu jari tengah, jari telunjuk, dan jempol karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Akan tetapi hal ini berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari.

Baca Juga: Mengenal Spirulina, Si Ganggang Hijau Biru yang Ajaib

Rasulullah memakan makanannya dengan tiga jari, lalu menjilati ketiga jarinya sebelum membersihkannya. Rasulullah menjilati jari-jari karena menurutnya kita tidak tahu dibagian mana dari makanan kita yang mengandung berkah.

Apakah boleh dengan empat jari atau lima jari? Sebenarnya tidak harus dengan tiga jari saja. Makan dengan menggunakan lebih dari tiga jari diperbolehkan apalagi kalau makanan yang kita makan mengandung kuah atau sejenisnya yang tidak mungkin dimakan dengan tiga jari.

Untitsdfghjled

Lalu apa hikmah dari makan dengan menggunakan jari tangan?

Imam Al-Ghazali, dalam kitab Ihya’ Ulimiddinnya, menjelaskan, Aktifitas makan itu dilihat dari empat sisi, yaitu makan dengan menggunakan satu jari dapat menghindarkan seseorang dari sifat marah, dengan dua jari akan menghindarkan dari sifat sombong, makan dengan tiga jari akan menghindarkan dari sifat lupa, dan makan dengan menggunakan empat atau lima jari dapat menghindarkan dari sifat rakus.

Mengapa Rasulullah menggunakan tiga jari? Sesungguhnya makan menggunakan tiga jari akan membuat setiap orang dapat mengukur porsi makanan yang cocok bagi dirinya. Ia juga dapat menjadikan setiap suap yang masuk ke dalam mulut dapat dikunyah dan bercampur dengan air liur dengan baik sehingga kita tidak akan mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga: Dampak Negatif Tidur dengan Kipas Angin bagi Kesehatan Tubuh

Dan disebutkan pula makan dengan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan. Kenapa? Karena dalam tangan kita terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri, sehingga tingkat aktifitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke dalam saluran pencernaan kita. Begitu masuk ke dalam pencernaan kita enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke dalam saluran pembuangan. Sebaliknya jika kita makan dengan menggunakan sendok maka tidak ada yang bisa menahan laju aktifitas bakteri yang terkandung baik di makanan atau alat makan itu sendiri.

Wah ternyata manfaatnya sangat baik ya buat kesehatan pencernaan kita. Bagaimana? Masih mau makan dengan menggunakan sendok atau dengan jari tangan? Kalau mau makan dengan jari tangan jangan lupa untuk selalu memastikan jari tangan kalian dalam keadaan bersih ya dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum dan sesudah makan 🙂

Untitlelkjhd

Tinggalkan komentar